Menkominfo Hadiri Pembukaan SEACA Oleh UniPin

Pada tanggal 17 Oktober 2018, tepatnya pada hari Rabu UniPin resmi gelar turnamen esports kelas dunia, yaitu SEACA di Jakarta. Bertepatan dengan itu turnamen kelas dunia atau SEACA resmi dibuka oleh Menkominfo yaitu Rudiantara.

Dengan SEACA resmi dibuka ini maka para penggiat serta fans dari Esports lokal, akan dimanjakan dengan suguhan rangakaian pertandingan esport selama lima hari nonstop. Terhitung mulai dari tanggal 17 hingga 21 Oktober 2018.

UniPin eSports yang merupakan divisi Esport dari UniPin ini menggelar SEACA, suatu kompetisi electronic sports atau esports tingkat Asia Tenggara yang finalnya diadakan di Mal Taman Anggrek Jakarta.

Diagendakan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. H. Joko Widodo atau Jokowi, melalui salah satu perwakilannya yaitu Menkominfo Rudiantara akhirnya turnamen ini dimulai.

Dilansir situs 828BET ada yang menarik pada saat pidato penyambutan pembukaan SEACA oleh Bapak Rudiantara ini, beliau bercerita bahwa dia tidak menyangka jika skena esport akan bisa sebesar dan semegah ini. Perkembangannya pun bisa dibilang cukup menjanjikan.

Pembukaan SEACA
Pembukaan SEACA

Selain itu juga pada saat pembukaan beliau sedikit bercerita tentang pengalamannya bermain Mobile Legends, siapa yang mengira jika seorang Menkominfo Rudiantara ternyata juga sangat menggandrungi MOBA analog besutan Moonton ini.

Liga Esport Oleh Dunia Game

Dunia Games akan mengadakan tiga liga yaitu Dunia Games League, Dunia Games Campus League, dan Dunia Games Pro League! Berhadiah total 3 miliar Rupiah!

Dia bercerita bahwa dia senang sekali menggunakan heri tipe marksman pada saat bermain, salah satu hero andalannya adalah Hanabi. Eits pak menteri ternyata bakal memberikan bocoran guide serta build Hanabi yang super cihuy loh, bakal kita ulas nanti di artikel yang lain, so stay tune ya.

Pak menteri juga mengatakan dan menyampaikan harapannya tentang Mobile Legends, dia berharap bahwa nantinya pengembangan game yang satu ini bisa dilakukan oleh anak-anak bangsa. Hal ini bertujuan agar semakin banyak lagi hero dengan cita rasa lokal.

Sebut saja Gatotkaca yang merupakan salah satu hero kebanggaan kita, karena menggunakan cita rasa pahlawan lokal.

Diawali dengan babak kualifikasi yang digelar di 16 kota di Indonesia dan mengahsilkan 230 finalis yang akan berlaga, untuk memperebutkan total hadiah senilai 1,4 miliyar Rupiah!

Besarnya jumlah para peserta yang ikut andil di babak kualifikasi SEACA ini menunjukkan meningkatnya penggiat esports di dalam negeri.

Menurut riset dari Newzoo, pada tahun 2017 terdapat 43,7 juta pemain games di Indonesia yang rela membelanjakan uangnya hingga USD 880 juta. Hal ini menempatkan Indonesia pada posisi 16 dunia dari sisi pendapatan yang berasal dari game Online.

Sementara di kawasan Asia Tenggaara sendiri terdapat 9,5 juta penggiat esport, jumlah ini diprediksi akan naik dua kali lipat pada tahuyn 2019. Indonesia termasuk dalamenam negara besar selain Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan juga Vietnam.

Selama kurun waktu tujuh tahun kehadirannya di Indonesia tidak cukup berpuas diri menjadi penerbit Voucher game online terbesar, UniPin juga berkeiningan membesarkan dunia esport tanah air, bahkan menjadikan Indonesia sebagai Pusat industri esport Asia Tenggara.

Fenomena meningkatnya pertumbuhan industri esport di kawasan ini juga menjadi pertimbangan PT. Dua Puluh Empat Jam Online membentuk UniPin eSports, untuk menggelar SEACA.

Pembukaan SEACA
Pembukaan SEACA

Co-founder & CEO UniPin, Ashadi Ang mengatakan “Kami ingin membangun dan mempromosikan gaya hidup sehat melalui eSports. Hal ini sejalan dengan visi kami menjadikan Indonesia sebagai pusat esports se-Asia Tenggara.”

“Karena Indonesia memiliki ptensi yang sangat besar yaitu populasi terbesar di Asia Tenggara dan Ke-4 di dunia. Kami Yakin dan mampu untuk mencapai visi dan misi tersebut, karena kami memiliki dukungan teknologi dan analisis data yang memudahkan untuk memetakan perilaku dan prefenrensi para gamers.”

“Unipin juga bekerja sama denga para publisher terkemuka di dunia yang memungkinkan kami menyajikan berbagai jenis permainan game yang menarik.”

Pembukaan SEACA
Pembukaan SEACA

Dalam event SEACA ini, akan menghadirkan tim-tim profesional dari negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina.

Beberapa game yang akan dipertandingkan antara lain: Mobile Legends, Arena of Valor, PlayerUnknown’s Battleground, Point Blank dan Dota 2. Selain itu, kompetisi cosplay juga turut meramaikan acara ini.

Di acara SEACA ini, turut menghadirkan kompetisi World Electronic Sports Games atau WESG, dengan total hadiah sebesar USD 5.500.000, pemenangnya akan dikirim untuk bertanding mewakili Indonesia di kancah internasional nanti di China.

Oleh karena itu jangan sampai kelewatan even besar ini ya, kalian yang di Jakarta bisa langsung datang dan menyaksikannya di Mal Taman Anggrek, buat yang sudah datang bagaimana kesannya? Tulsikan pada kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *